SEJARAH

Setelah sukses dengan acara Kemrinas 2011, 2013, dan 2015, Racana Surya Tirta Kencana dan Inggita Puspa Kirana, UKM Pramuka, Institut Pertanian Bogor kembali menyelenggarakan kegiatan Nasional khusus untuk para Penegak ini. Kegiatan ini ditujukan untuk Penegak golongan Bantara maupun Laksana.

Berikut adalah beberapa kilas balik

KEMRINAS I, 2011, dengan topik ketahanan pangan, bertemakan Wujud Nyata Kepedulian Pramuka terhadap Ketahanan Pangan Nasional”.

KEMRINAS II, 2013, dengan topik ketahanan pangan, bertemakan “Inovasi Pramuka dalam Menggali Potensi dan Memanfaatkan Sumber Energi Terbarukan”.

KEMRINAS III, 2015, dengan topik pelestarian lingkungan, bertemakan “Inovasi Pramuka dalam Pelestarian Lingkungan Berwawasan Nusantara”

KEMRINAS IV, di tahun ini, 2017, didesain untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada para penegak dalam hal riset dan pengabdian masyarakat di bidang kemaritiman dengan konsep yang menarik dan menyenangkan.

Kegiatan yang berbasis ilmiah ini tidak menghilangkan identitas kegiatan kepramukaan yang khas seperti kemah, karena para peserta juga tetap akan merasakan suasana kegiatan pramuka pada umumnya yaitu kemah, alam terbuka, api unggun, dll.